Blogger Widgets

7 Mar 2011

Setting Email Gmail (Perkuat Email Mu)

Semua orang yang menggunakan Facebook atau situs jejaring sosial lain nya pasti mempunyai akun email, tapi kebanyakan orang menganggap email itu sebagai media yang biasa saja, tidak istimewa bahkan terkesan di sepelekan, tidak sedikit yang gak tahu fitur2 apa saja yang ada di akun email nya, namun bagi saya pribadi akun email jauh lebih penting dari akun situs jejaring sosial itu sendiri karena lewat sebuah akun email kita bisa memanfaatkan nya sebagai media penyimpanan data, penunjang pekerjaan saya untuk kirim atau terima file, berlangganan artikel blog, membaca berita/artikel lewat feedburner & yang pasti sebagai tempat untuk mengelola password suatu situs jejaring sosial yang saya ikuti.

Artikel ini sengaja saya tulis karena saya prihatin & sedikit heran ada beberapa teman saya di Facebook yang mengalami pembobolan akun/di hack dengan sangat mudah (termasuk di hack email nya), lebih kacau nya lagi teman saya itu gak punya cara lain buat merebut kembali akun email nya. Sekedar catatan jika akun email yang ada di akun Facebook sudah di hapus itu memang sulit untuk di rebut kembali (akun Facebook nya) tapi yang perlu di garis bawahi akun email itu sangat penting & kita mungkin masih punya peluang merebut kembali akun email itu jika kita memberikan perlindungan lebih dengan memasukan nomor HP, membuat pertanyaan keamanan & memasukan alamat email alternatif (email yang valid) untuk di gunakan sebagai tempat untuk meresset password saat email utama kita di bobol orang lain.

Buat temen2 yang tertarik atau merasa perlu melindungi akun email nya ikuti langkah2nya
1. Login ke akun email kamu masing2 (email Gmail karena ini yang saya bahas)

2. Lalu lihat di pojok kanan sebelah atas ada tulisan setting/setelan & Help/bantuan, klik saja setting lalu klik lagi akun & impor yang di bagian bawah nya terdapat tulisan ubah setelan akun, klik bagian ubah opsi pemulihan sandi atau liat screenshot di bwah ini


3. Setelah itu kamu akan di bawa ke halaman berikutnya atau liat SS


4. Masukan alamat email lain (bisa Gmail, Yahoo, rocketmail, dll)biar lebih aman masukan juga no HP & buatlah pertanyaan keamanan sendiri atau buat pertanyaan keamanan yang sudah di sediakan sama Gmail namun saya rekomendasikan bikin saja pertanyaan keamanan versi sendiri, kalau sudah semua jangan lupa di save/simpan settingan mu.





5. Kalau semua settingan sudah kamu save buka alamat email lain yang tadi kamu masukan ke akun email Gmail mu, misalnya kamu memasukan email Yahoo maka buka & login ke email yahoo kamu, lalu konvirmasi link yang kamu terima dari Gmail agar email yahoo sama email Gmail kamu bisa saling terhubung (email Yahoo & email Gmail tidak akan bentrok atau bercampur).



Kalau kamu sukses memverivikasi maka di akun email Gmail mu akan terlihat tampilan seperti ini



Setelah semua selesai apakah akun email kita bisa terbebas dari aksi pembobolan akun...?? TIDAK
Apakah email yang sudah saling terhubung itu bisa di hapus jika email kita di bobol orang lain...?? BISA
Tidak ada yang aman 100% dari pembobolan akun, siapa saja bisa di hack, tapi kita wajib berusaha melindungi akun & privacy kita, perlindungan yang kita lakukan setidaknya bisa menyulitkan orang untuk ngehack akun email kita, teorinya: kalau yang begini saja tidak bisa bikin akun kita aman 100% apalagi yang sama sekali tidak di beri perlindungan lebih, mungkin next time akun email yahoo yang akan saya bahas selanjutnya...!!!
Comments
5 Comments

5 komentar:

Anonim mengatakan... [Balas Komentar]

Oh jd gitu y kang cara bkin email alternatip. Very nice kang sisi
Wajib di coba buad email ane

s1s1 9elap Qu™ mengatakan... [Balas Komentar]

@Anonim coba ja kang, mdh2an bs lbh aman

Alie Tambarangan mengatakan... [Balas Komentar]

Nice share kang.Emang kebanyakan orang sering mengabaikan perlindungan akun ini.

Anonim mengatakan... [Balas Komentar]

saya lupa dengan pertanyaan yahoo saya

s1s1 9elap Qu™ mengatakan... [Balas Komentar]

@Anonim pertanyaan keamanan akan muncul kalo qm menggunakan forgot password, yg pling penting qm hrs inget jwbn dr pertanyaan keamanan yg qm buat

Posting Komentar

Jadilah pengunjung & pembaca yang baik, tuangkanlah komentar anda.....!!!
silahkan share jika menurut anda artikel di atas bermanfaat, namun jgn lupa utk menyertakan sumbernya...

Komentar anda akan muncul setelah di setujui penulis blog

© s1s1 9elap Qu™ 2010