Blogger Widgets

7 Jul 2011

Cara Menggabungkan File Yang Di Pecah Tanpa Software

Mungkin sebagian dari anda sering mendownload file yang di pecah menjadi beberapa bagian yang berekstensi seperti contoh.file.avi.001, contoh.file.avi.002 dan seterusnya tergantung si file itu sendiri, atau sering juga file yang dipecah itu berekstensi rar seperti Microsoft_Office_Enterprise__2007_with_SP2.part1.rar, Microsoft_Office_Enterprise__2007_with_SP2.part1.rar dan seterusnya. Biasanya file yang di pecah itu file berukuran besar seperti game, film dan file office, file itu sengaja di pecah menjadi beberapa bagian karena untuk meringankan loading saat ingin di upload ke file hosting & bisa meringankan bagi pengunduh saat ingin mendownloadnya.

Saat kita mendownload file yang dipecah maka kita harus menggabungkannya terlebih dahulu menjadi file utuh agar file itu bisa di jalankan atau di instal & biasanya aplikasi yang paling banyak di gunakan untuk menyatukan file yang terpecah itu menggunakan aplikasi HJ Split, FileSJ atau WinRAR, namun sebenarnya kita bisa menyatukan file yang dipecah hanya dengan menggunakan Notepad, caranya???? lanjut ke bawah untuk tutor selengkapnya.

1. Kumpulkan semua file mentah tersebut kedalam satu direktori folder yang sama


2. Setelah itu buka Notepad, klik "Start -> All Programs -> Accessories -> Notepad"


3. Masukan atau copast code berikut ini kedalam notepad
keterangan:
- namafile = Adalah nama dari file yang akan kita gabungkan
- format = Adalah format asli dari file tersebut, contoh : avi, flv, mpg, mkv, dll
- * = Kegunaan dari simbol "*" ini adalah untuk mengambil semua file yang sama dengan penggabungan sesuai dengan urutan
- fileutuh = Penjelasannya sama dengan yang pertamanya
Kalau masih belum begitu paham silahkan liat screenshot di bawah, namun nanti kamu harus menghapus contoh yang bergaris warna biru


4. Kalau sudah simpan file tersebut dalam satu direktori dengan file yang bakal kita gabungkan dan Save As lalu beri nama dengan ekstensi bat, sementara Save as type di rubah menjadi "All Files"


5. Kalau sudah di save dengan ekstensi bat maka tampilannya akan seperti gambar di bawah ini


6. Klik 2X file bat yang tadi sudah kamu simpan yang nantinya kamu akan masuk ke CMD, tunggu hingga prosesnya selesai, atau lihat detail gambar tampilannya


7. Setelah semua proses penggabungan file yang masih terpecah tadi selesai silahkan cek folder direktori tempat kamu menggabungkan file untuk melihat hasilnya. Selamat mencoba.

Comments
5 Comments

5 komentar:

Alief Blog's mengatakan... [Balas Komentar]

Gan, minta tolong nih. kan udah berhasil tuh tapi filmnya berhenti ditengah jalan..... padahal sudah ngikutin langkah2nya !!! Gimana gan ???? Mohon bantuannya ya !!!!

s1s1 9elap Qu™ mengatakan... [Balas Komentar]

@Alief Blog's liat dlu gan ukuran size filmnya sebelum di join & saat masih di split sama gak, klo sizenya sama berati emang file film nya yg rusak

Anonim mengatakan... [Balas Komentar]

terlalu sulit.....

s1s1 9elap Qu™ mengatakan... [Balas Komentar]

@Anonim klo mau gampang pk software tp ngandelin software bkin keahlian mandek :)

kendraANDyosa mengatakan... [Balas Komentar]

thx gan ane sih aslinya maunya pake hjsplit eh tapi virus ngedeteksi download yg lain deteksi juga ya udah coba cara ini aja deh :)

Posting Komentar

Jadilah pengunjung & pembaca yang baik, tuangkanlah komentar anda.....!!!
silahkan share jika menurut anda artikel di atas bermanfaat, namun jgn lupa utk menyertakan sumbernya...

Komentar anda akan muncul setelah di setujui penulis blog

© s1s1 9elap Qu™ 2010