Blogger Widgets

5 Des 2011

Mengatasi Masalah SSL Pada ESET Internet Security

Apakah anda pengguna ESET Security??? jika ya mungkin anda pernah mengalami kesulitan saat hendak mengunjungi suatu situs/web pada halaman http. SSL (Secure Socket Layer) sebenarnya hal penting karena lewat SSL pengiriman data antara klien dan server dapat di enskripsi, data yang ada di udara ini di enskripsi untuk menghindari pencurian data informasi/cookies oleh pihak yang tidak bertanggung jawab, istilah kerennya Man In The Middle karena penyusup jenis ini mampu mencuri data saat klien mengunjungi server lewat udara (jaringan internet) sehingga informasi rahasia klien dapat di curi oleh cracker.

Sebenarnya hampir semua browser terupdate saat ini sudah terintegrasi SSL (IE, Mozilla, Chrome, dll) dalam browser yang mereka tawarkan namun di beberapa Anti Virus maupun Internet Security standar keamanan pada situs/web yang menggunakan http lebih di perketat, contonya saja ESET Smart Security. Sekali lagi SSL sebenarnya penting untuk keamanan namun kadang kala keamanan yang terasa "over protektif" malah bisa menimbulkan ketidak nyamanan penggunanya, karena setiap kali klien berusaha menghubungi server sertivikat keamanan ini jadi sangat menggangu, kita akan dihadapkan pada "pertanyaan" apakah kita mempercayai situs tersebut, apakah kita akan tetap mengunjungi situs atau pergi dari situs yang hendak kita kunjungi, rasa bosan mengkonfirmasi jawaban bahwa kita percaya situs yang kita akan kunjungi akan kita rasakan, yang paling menyebalkan ialah walaupun kita "sudah mengambil resiko" untuk tetap mengunjungi situs http namun kadangkala situs itu tetap "di blokir" oleh software Anti Virus atau Internet Security, hal lainnya adalah saat kita memaksakan berkunjung ke situs http maka situs yang kita kunjungi tersebut tampilannya berubah jadi jelek & buruk.

Hal yang pernah saya alami adalah selalu muncul tampilan seperti ini saat hendak mengunjungi Facebook

Jika tampilan seperti itu sudah muncul maka hal yang pertama dilakukan kebanyakan orang (termasuk saya) sudah pasti mengklik "I Understand the Risk" kita mengkonfirmasi resikonya agar bisa mengakses Facebook dengan nyaman. Setelah itu kita diwajibkan mengkorfirmasi sertifikat keamanan tersebut. Apakah ketidaknyamanan tersebut selesai??? ternyata tidak karena ketidaknyamana kembali muncul yaitu selalu muncul notifikasi untuk mengkonfirmasi sertifikat keamanan, tapi setelah itu kita lakukan maka tampilan Facebook terasa sangat lain, beda, aneh bahkan terlihat sangat buruk, lihat pada gambar spoiler di bawah ini (sebelah kanan)

Awalnya saya berpikir masalahnya ada pada settingan browser mozilla saya namun setelah saya ingat-ingat masalah tersebut berasal dari ESET Smart Security yang saya install pada komputer, untuk mengatasi hal tersebut buka saja ESET anda pada bagian systray (bagian bawah sebelah kanan letak jam) dengan cara klik kanan icon ESET lalu pilih Advanced Setup.

Setelah itu klik opsi Web and email, klik opsi SSL lalu rubah sett default opsi "Always scan SSL Protocol" ke opsi "do not scan SSL Protocol" lalu klik OK.

Reload atau refresh Facebook atau situs http lainnya maka tampilan situs tersebut akan kembali normal & ketidaknyamanan akan sertifikat keamanan akan teratasi
Comments
0 Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Jadilah pengunjung & pembaca yang baik, tuangkanlah komentar anda.....!!!
silahkan share jika menurut anda artikel di atas bermanfaat, namun jgn lupa utk menyertakan sumbernya...

Komentar anda akan muncul setelah di setujui penulis blog

© s1s1 9elap Qu™ 2010