Blogger Widgets

15 Jul 2012

Grup Anda Menjadi Blank??? Ini Cara Mengatasinya

Akhir-akhir ini mungkin pemilik Grup di Facebook & para member setianya mulai merasa resah karena maraknya serangan yang terjadi di grup tertentu, serangan tersebut membuat grup tidak dapat di akses, blank page & error saat mencoba mengklik grup kesayangan nya, sekalipun grup tersebut dapat di akses namun hanya tiga postingan terakhir yang dapat dilihat, hal seperti ini tentu meresahkan bagi pemilik maupun member yang ingin share ataupun sekedar ingin berkumpul. Lalu apa sebabnya grup tersebut mengalami blank page??? tentu saja hal di atas terjadi karena ulah segelintir orang dengan maksudnya tersendiri.

Entah kenapa 2 hari terakhir saat artikel ini saya buat grup saya HandlerXmodifieR™ mendadak blank, kejadian pertama mengalami blank karena ada member HxM yang memuat komentar menggunakan javascript yang terlalu panjang, kejadian serupa (blank page) terulang lagi untuk kedua kali, namun kejadian yang kedua karena faktor kesengajaan oknum tertentu, orang ini bukan nya berbagi di grup namun justru tangan iseng nya di gunakan untuk merusak, liat screenshot si keparat yang saya maksud di bawah ini


Aksi melumpuhkan grup di Facebook sebenarnya bukan hal baru, cara lama yaitu menggunakan metode DDoS Attack dengan cara menginject code shell ke dalam komentar maupun dokumen grup Facebook agar grup tersebut tidak dapat di akses. DD0S Attack sendiri banyak di gunakan untuk melumpuhkan suatu server atau situs yang di buat sibuk sehingga server atau situs tersebut mengalami maintance karena di inject code shell, DDoS melalui ping, dll. Sementara blank page yang akhir-akhir ini terjadi pada banyak grup Facebook menggunakan kode tertentu yang di masukan kedalam catatan/notes, saat catatan itu di klik maka yang tampil blank page, link dari catatan tersebutlah yang di gunakan untuk merusak.

Saya sendiri sudah lama mengetahui cara lama maupun cara yang baru namun saya tidak pernah menggunakan apa yang saya tau untuk merusak grup lain karena saya juga mempunyai grup, tapi saat grup saya di serang maka saya juga akan bereaksi dengan mengirimkan link noteblank milik saya pribadi, sebenarnya saya sudah meminta ke orang yang menyerang grup saya agar catatan noteblank tersebut di hapus tapi tidak di tanggapi dengan positif. Back to topik, walaupun di forum, blog, atau grup sudah banyak yang membahas cara membuat catatan noteblank namun di artikel ini saya tidak akan menjelaskan, membahas atau mengshare cara bikin catatan noteblank karena takut di salah gunakan, sebab efeknya sangat mengganggu aktifitas suatu grup, diantaranya:

1. bkin blank grup
2. bikin status orang hilang (termasuk status sendiri)
3. bikin notes orang lain terhidden (termasuk bisa bikin terhidden notes sendiri)
4. bikin catetan grup saat di klik muncul notiv (dokumen ini telah di hapus) jika kita memasukan link notesblank ke kolom komentar
5. bikin hilang foto di wall saat orang laen memperbarui foto profileNy
6. bikin foto tidak bisa di klik kanan (foto terlihat tapi saat klik kanan foto tersebut blank)

Karena efek merusaknya yang cukup besar maka silahkan saja bagi anda yang ingin mengetahui cript noteblank untuk mencari sendiri kode tersebut di luar sana, jadi lebih baik kiranya saya membahas cara mengatasi grup yang terkena serangan noteblank walaupun yang saya akan bahas juga sudah banyak tersedia di forum, blog maupun grup, namun mudah-mudahan yang saya akan bahas bisa lebih detail, itu harapan saya.

Untuk mengatasi blank page silahkan buka halaman ini Facebook Graph API Explorer dengan satu syarat anda harus mempunya aplikasi bikinan sendiri di Facebook untuk mendapatkan kode token, kode token ini nantinya berguna untuk menghapus komentar yang menyebabkan blank page. Setelah anda masuk ke Facebook Graph API Explorer langsung saja setting ke aplikasi kreasi anda lalu klit Get Acces Token, centang semua permissions, klik grup pada layar sebelah kanan, di sini akan tampil semua ID grup anda maupun ID grup yang anda ikuti




Next ke tahap selanjutnya (jika screenshot tampil terpotong karena format template blog saya, silahkan copast link image yang ada di dalam spoiler pada bagian bawah gambar, copy saja link image lalu paste ke new tab browser anda)



Pada tab sebelah kanan anda tinggal menyesuaikan ingin mencari komentar noteblank pada bagian apa, ada docs, feed, file, members & pictures, biasanya komentar noteblank ada di feed (berita komentar)



Untuk memudahkan mencari link noteblank gunakan pencarian cepat (Ctrl + F lalu masukan keyword "notes" tanpa tanda petik)setelah ketemu perhatikan screenshot di bawah ini, copy ID coment orang yang menyebabkan blank page grup, copy juga kode token anda, pada bagian ini juga kita bisa lihat komentar yang di tuliskan orang tersebut yang menyebabkan blank page, di situ terlihat dengan jelas link noteblank dia beserta ID profile Facebook nya (sekedar catatan, oknum "Tiara Zahra" yang terlihat pada gambar merupakan akun teman saya, saya menggunakan akun Facebook teman saya untuk melakukan uji coba)



Untuk menghapus komentar yang menyebabkan blank page pada grup gunakan format seperti berikut (yang perlu di ganti ID Comment sama Token aplikasi kamu) agar komentar tersebut dapat di hapus, atau lihat screenshot di bawah ini agar lebih jelas




Jika format penghapusannya sudah anda tulis, copy format tersebut lalu buka tab baru dan paste ke address bar (kolom www) langsung saja enter, jika komentar yang menyebabkan blank page sudah terhapus maka akan ada pemberitahuan seperti yang nampak di bawah ini, jika sudah ada notiv true coba lihat grup anda yang sebelumnya terserang blank page akan kembali normal.


Catatan Tambahan

Comments
1 Comments

1 komentar:

Anonim mengatakan... [Balas Komentar]

Prеtty grеat pоst. I simply stumbleԁ upоn your
wеblog and wаnted to mention that I have truly
enjoуed brоwsing yοur blog postѕ.
In any сase I'll be subscribing to your rss feed and I hope you write again soon!
My blog post : backlink creations

Posting Komentar

Jadilah pengunjung & pembaca yang baik, tuangkanlah komentar anda.....!!!
silahkan share jika menurut anda artikel di atas bermanfaat, namun jgn lupa utk menyertakan sumbernya...

Komentar anda akan muncul setelah di setujui penulis blog

© s1s1 9elap Qu™ 2010